TIM KOPSI SMA N 1 MUNTILAN
BERJAYA DENGAN 22 PROPOSAL
Sebagai sekolah terbaik di Kabupaten Magelang, SMA N 1 Muntilan justeru tertantang dengan situasi ini. Sekolah yang terbiasa berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik ini tetap berkomitmen untuk mempertahankan prestasi dan prestise. Sayangnya, untuk meraih prestasi tersebut tidaklah mudah di era pandemi ini. Beberapa ajang kompetisi yang menjadi arena bagi siswa untuk meraih prestasi harus tertunda. Padahal, beberapa siswa SMA N 1 Muntilan sudah menjadi finalis di beberapa lomba. Beberapa ajang kompetisi yang harus tertunda dan akhirnya gagal.
Kegagalan penyelenggaraan kompetisi tersebut tentu sangat disesali oleh para siswa sebagai finalis. Pun bagi sekolah memang mengecewakan karena gagal mendapatkan prestasi. Namun, hal tersebut tidak boleh menyebabkan sekolah menjadi patah arang. Perlu dicari jalan untuk tetap berprestasi. Meskipun, setiap orang harus dipingit di rumah, namun jangan pernah berhenti berprestasi. Sebab, dulu R.A. Kartini ketika dipingit, karyanya tetap mendunia. Saat ini mungkin setiap siswa dipingit oleh pandemi Covid-19 untuk tetap berada di rumah, namun karyanya tetap harus menjelma.
Sebagai guru bahasa Indonesia,
penulis tergugah untuk mengarahkan pembelajaran daring secara lebih inovatif
dan produktif. Pembelajaran seperti ini kiranya tidak akan membuat siswa merasa
jenuh dan cepat bosan. Kompetensi Dasar (KD) di kelas XI sebenarnya memang
berat dan rumit di semester 2. Materi penyusunan proposal dan karya ilmiah ini
semakin berat ketika harus diajarkan melalui pembelajaran daring.
Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) adalah ajang kompetisi untuk karya tulis ilmiah hasil penelitian siswa. Berikut ini tahapan keikutsertaan dalam lomba karya ilmiah melalui KOPSI 2020. Sebenarnya, penyusunan proposal penelitian ini berupa KBM biasa yang selama pandemi dilanjutkan dengan sistem BDR (Belajar Dari Rumah). Jadi, setiap siswa kelas XI harus belajar menyusun proposal. Pada saat penyusunan proposal ini siswa dibebaskan memilih topik sesuai bidang yang diminati. Meskipun berbagai topik yang dibahas siswa, bisa dikelompokkan sesuai klasifikasi bidang oleh panitia KOPSI.
Tiga kelompok bidang yang dimaksud adalah, (1) Ilmu Sosial dan
Humaniora (ISH), (2) Matematika, Sains, dan Teknologi (MST), dan (3) Fisika,
Terapan, dan Rekayasa (FTR). Untuk kategori yang pertama, ISH, mencakupi seni,
budaya, sejarah, sosiologi, antropologi, ekonomi, bahasa, dan sastra. Sedangkan bidang MST,
mencakupi farmasi, biomedis, kesehatan, dan
teknologi. Terakhir, kelompok FTR mencakupi rekayasa informatika
(Aplikasi Piranti Lunak), Rekayasa Grafis, Elektronik, Robotik, Mekatronik,
Sistem Sensor-Kontrol, dan Rekayasa Transportasi.
Berikut adalah tabel yang
menunjukkan jumlah dan proposal yang lolos pada ajang KOPSI 2020
NO |
BIDANG |
JUDUL |
PENULIS |
STATUS |
1 |
ISH (Ilmu
Sosial, Humaniora) |
Mengungkap Nilai Budaya Permainan Gobak Sodor |
AGHNIA
AMALIA |
Lolos
Penilaian |
2 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Nilai Pendidikan Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata |
AIDA HAYA
AFIFAH |
Lolos
Penilaian |
3 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Membaca
Prasasti Situs Candi Gunung Wukir Dengan
Teknik Hermeunetika |
ASMA`
KHOIRUNNISA` LAILY
NURUL KHASANAH |
Lolos
Penilaian |
4 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Program Pembelajaran Alquran Menggunakan Teknik
Mujawwad Pada Anak-Anak Di Dusun Saran, Desa Gondosuli |
DANNY
SETYAWAN |
Lolos
Penilaian |
5 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Klenteng Hok An Kiong Sebagai Pusat Akulturasi
Budaya Di Muntilan |
EVA
YUNIZAR REZA P.P. |
Lolos
Penilaian |
6 |
ISH (Ilmu
Sosial, Humaniora) |
Nilai Positif Yang Terdapat Pada Tradisi Rajaban
Di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto |
HASNA
RAFIFA BALQIS |
Lolos
Penilaian |
7 |
MST (Matematika, Sains, Teknologi) |
Botol Perangkap Untuk Menyelamatkan Salak Dari
Hama Lalat Buah |
IWAN
SYAIFULLAH |
Lolos
Penilaian |
8 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Respon
Siswa Terhadap Pnerapan Tes Berbasis Android Di SMA N 1 Muntilan |
JULIA TRI
KUSUMAWATI |
Lolos
Penilaian |
9 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Nilai
Positif Pasar Lembah Merapi
|
GIRDA HANUM ALKHANZA
LINTANG AVRIL AZ ZAHRA |
Lolos
Penilaian |
10 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Dampak Sosioekonomi Taman Ramadanu Bagi Masyarakat
Desa Jamuskauman Kecamatan Ngluwar |
MAKHRUM IRMANINGSIH |
Lolos
Penilaian |
11 |
ISH (Ilmu
Sosial, Humaniora) |
Penggunaan Butterfly Pea (Clitoria Ternatea)
Sebagai Antioksidan Alami Penangkal Konjungtivitis Di Dusun Tingal Kulon,
Wanurejo |
MONICA
PADMAGUSNA NARITA |
Lolos
Penilaian |
12 |
FTR (Fisika, teknologi, Terapan) |
Penggunaan Light Dependent Resistor dalam
Saklar Lampu untuk Mendukung Progam Penghematan Energi |
MUHAMAD
RADITYA DANU CARITA |
Lolos
Penilaian |
13 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Respon Masyarakat Terhadap Tas Go-Green |
MUNIFAH
ISTNIATIKA ROZANA |
Lolos
Penilaian |
14 |
MST (Matematika, Sains, Teknologi) |
Pemanfaatan Monosodium Glutamat Dalam Mempercepat
Pertumbuhan Eksplan Pada Setek Batang Tanaman Mawar |
MUSTHOFA
AHMAD LUTHFI |
Lolos
Penilaian |
15 |
MST (Matematika, Sains, Teknologi)
|
Pemanfaatan
Tanamaan Krokot Sebagai Obat Pegal Linu |
NABILA AYU
AZZAHRA |
Lolos
Penilaian |
16 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Tanggapan Siswa Terhadap Kegiatan Friendly Matcth
Sma N 1 Muntilan |
NATALIE
MERRY ANGELINA |
Lolos
Penilaian |
17 |
FTR (Fisika, teknologi, Terapan) |
Arang Batok Kelapa Sebagai Filterisasi Air Sumur
Berkadar Besi Tinggi Di Perumahan Pring Asri Gunungpring |
RACHELLIA
AYU HERDANI |
Lolos
Penilaian |
18 |
ISH (Ilmu
Sosial, Humaniora) |
Animo
Masyarakat Dusun Tejowarno Dalam Menjaga Keamanan
Dan Ketertiban Melalui Siskamling |
RISA
NOVIANA |
Lolos
Penilaian |
19 |
MST (Matematika, Sains, Teknologi) |
Penggunaan Bawang Merah (Allium Cepa Var.
Ascalonicum) Sebagai Obat Demam Anak Di Dusun Denokan, Sawangan |
SEVIRA
KHAIRATUN HISAN |
Lolos Penilaian |
20 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Eksistensi Trilogi Candi Sengi Pasca Erupsi Merapi
2010
|
SYIFA
AULIA PRAMUDANI |
Lolos Penilaian |
21 |
ISH (Ilmu Sosial, Humaniora) |
Pengaruh Kebijakan Refuse
Plastik Terhadap Kuantitas Sampah |
TRI ENDANG
FATMAWATI |
Lolos Penilaian |